SISTEM INFORMASI KETENAGAKERJAAN

SISTEM INFORMASI KETENAGAKERJAAN "SISNAKER"


Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker), sebuah platform layanan ketenagakerjaan yang terintegrasi berbasis digital. Sisnaker memberikan single service sebagai core Kemnaker. Peluncuran Sisnaker berlangsung di Gedung Serba Guna Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, pada hari Jumat (27/9/2019). Sisnaker terdiri dari 16 layanan terpadu ketenagakerjaan, yang mencakup 12 layanan teknis ketenagakerjaan dan 4 layanan pendukung. Seluruh layanan tersebut terintegrasi dalam satu domain website Kemnaker, www.kemnaker.go.id Adapun, 12 layanan teknis ketenagakerjaan tersebut adalah layanan pelatihan kerja, layanan pemagangan, layanan penggunaan tenaga kerja asing, layanan wajib lapor ketenagakerjaan di perusahaan, layanan kelembagaan, sertifikasi, karirhub, standardisasi kompetensi kerja nasional Indonesia, produktivitas, peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama (PP dan PKB), izin K3 dan SMK3, serta layanan bantuan. Sedangkan 4 layanan pendukung lainnya adalah aplikasi pengadaan, berita, data informasi, dan regulasi ketenagakerjaan.

Biro Humas Kemnaker